Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 107
Pengunjung Bulan ini : 220
Total Pengunjung : 2929

Peta Desa


PROFIL DESA


Sejarah Desa Senteluk

Sejarah awal Desa Senteluk berdiri sesungguhya tidak dimulai sejak tahun 2000 akan tetapi jauh sebelumnya desa ini ada yaitu sejak tahun 1961. Pada tahun ini pemerintahan desa senteluk dipimpin oleh seorang tokoh yang cukup disegani bernama H.Nasrudin, waktu itu pusat pemerintahan desa senteluk dipusatkan didusun montong buwuh. H.Nasrudin memimpin rakyat membangun desa sejak tahun 1949-1961 dengan hasil yang sangat baik, dengan mengedepankan kepentingan masyarakat terutama dalam hal pelayanan publik. Hal ini terbukti dengan gagasan beliu untuk membentuk Desa pemekaran baru yaitu Desa Batulayar, hal ini dilakukan semata-mata agar pelayanan terhadap masyarakat lebih baik lagi. Pada awal tahun 1961masa jabatan H.Nasrudin berakhir,pada masa ini pula diadakan pemilihan pemusungan ( KADES ) kembali. Adapun kandidat yang bersaing waktu itu adalah H.Nasrudin dari Dusun Senteluk Daye dan Ahmad dari Dusun Pelempat.

Hasil penghitungan suara pemilihan tersebut menunjukkan bahwa pemenangnya adalah H.Nasrudin, akan tetapi beliu sendiri tidak mau menjabat kembali sehingga beliu mengamanatkan jabatannya tersebut kepada pesaingnya ( Ahmad ) untuk menggantikannya. Pada masa kepemimpinan Ahmad masih dipakai senteluk sebagai nama Desa, akan tetapi muncul kecemburuan dari dusun-dusun yang lain sehingga nama Desa senteluk diganti dengan Desa Pelempat. Kondisi ini tidak dapat berlansung lama karena banyak tokoh masyarakat lain yang tidak setuju dengan penggunaan nama Pelempat sebgai nama Desa sehingga nama Pelempat diganti kembali dengan nama Desa Meninting ( Meninting diambil dari nama sebuah sungai yang membatasi kabupaten Lombok Barat dengan Kodya Mataram disebelah selatan Desa ) nama ini diambil karena dianggap sebagai nama yang netral oleh tokoh masyarakat waktu itu sebab tidak mengambil nama salah satu nama Dusun.

Sejak saat itu nama Desa senteluk tersimpan rapat dalam laci pemerintahan. Seiring waktu berjalan perubahan-perubahan kembali muncul tepatnya pada tahun 1998 wacana pemekaran kembali menguak sejak kepemimpinan H. Abdul Kasim beliau adalah salah seorang keturunan H.Nasrudin. dengan wewenang yang beliau miliki, beliau mengajak tokoh-tokoh penggagas seperti H.Imamudin,H.A.Husni,H.A.Zakaki dan H.Nasrudin dan tokoh-tokoh lainnya untuk memekarkan Desa Meninting menjadi dua Desa yaitu Desa meninting sebagi Desa Induk dan kembali Nama Desa senteluk diangkat sebagai nama untuk Desa Persiapannya.

Dua tahun kemudian yaitu tahun 2000 bupati Lombok Barat H.Iskandar menyetujui pemekaran Desa tersebut dengan nama Desa Senteluk. Selama tiga tahun lamanya menyandang Desa persiapan dengan dua kali pergantian pejabat sementara ( PJS ). Pada tahun 2000 dan tahun 2002 PJS Kepala Desa dijabat oleh tokoh muda yang kreatif dan aktif yaitu DRS.H.Sanusi dan pada tahun 2003 PJS Kepala Desa dijabat oleh H. Mastur.Keinginan masyarakat untuk mempunyai desa yang difinitif baru dapat terwujud setelah terpilihnya kepala desa terbaru yaitu : MUKRIL HAKIM hasil pemilihan kepala desa tahun 2003, tepatnya pada bulan april 2003 desa senteluk resmi menjadi desa penuh.