Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 107
Pengunjung Bulan ini : 220
Total Pengunjung : 2929

Peta Desa


Produk Unggulan

PRODUKSI ABON IKAN LAUT


Abon ikan meskipun instan, tetap memiliki nutrisi tinggi yang masih terjaga. Abon ini mudah dibuat, bahkan berbagai macam cara membuat abon ikan pun banyak tersedia di berbagai media.

Abon merupakan produk makanan olahan yang sudah lama dikenal masyarakat, khususnya di wilayah Indonesia.

Berdasarkan data statistik BPS menunjukkan bahwa abon itu menjadi salah satu produk yang terbanyak diproduksi. Abon termasuk makanan ringan atau lauk siap saji yang menyehatkan bagi keluarga Anda, karena abon dibuat dari bahan-bahan alami dan tanpa menggunakan bahan pengawet.

Abon merupakan salah satu jenis makanan olahan yang umumnya berasal dari daging sapi, ayam, dan juga ikan yang disuwir-suwir dengan berbentuk serabut atau dipisahkan dari seratnya.

Abon dibuat dari daging yang diolah sedemikian rupa sehingga memiliki karakteristik yang kering, renyah, dan gurih.

Pada umumnya, abon terbuat dari daging sapi atau ayam, tapi sekarang ini sudah ada banyak abon yang diolah dari ikan. Ikan yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan abon ini beragam, seperti ikan lele, ikan tuna, ikan tongkol, ikan patin, ikan gurame, sampai ikan salmon.

Olahan abon ikan ini mempunyai bentuk yang lembut, rasanya yang enak, baunya yang khas, dan mempunyai daya simpan yang relatif lama.

Selain itu, yang membuat abon ikan ini menjadi produk unggulan adalah karena kandungan gizinya yang cukup tinggi dan juga cara pembuatannya yang mudah.

Beberapa faktor itulah yang membuat abon ikan ini mempunyai nilai jual yang lumayan tinggi, jadi bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis abon ikan.

Maka dari itu, disini kami akan share beberapa cara membuat abon ikan yang bernutrisi dan bernilai jual tinggi, jadi sangat aman untuk bisa dikonsumsi sehari-hari. Berikut ulasannya.

Abon Ikan Tongkol

Abon Ikan Tongkol

Ikan tongkol sudah menjadi salah satu komoditi ekspor dan juga sebagai bahan makanan yang sering dan banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Faktanya, abon ikan tongkol ini rasanya yang gurih dan lezat membuat abon ikan tongkol banyak digemari oleh pelaku bisnis yang berani berkompetisi di bidang kuliner. Karena selain enak, abon ikan tongkol juga menyehatkan. Yang lebih menguntungkan adalah bisa tahan lama, sama seperti abon sapi yang menjadi saingannya.

Cara membuat abon ikan tongkol:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan ikan tongkol dan mengeluarkan limbah makanan di dalam perut ikan termasuk sisa kotorannya, serta buang juga kepalanya.
  2. Kukus ikan tongkol hingga matang. Dilanjut dengan mengambil daging dan menyingkirkan duri-durinya.
  3. Cabik daging ikan dengan mesin pencabik daging dan ikan hingga menjadi kecil dan tidak rapi seperti sebelumnya.
  4. Campurkan bumbu rempah dengan cara dihaluskan, antara lain: bawang merah 75g, bawang putinh 10g, gula merah 150g, ketumbar 10g, 3 tangkai serai, garam dapur 15g, jahe 10g, laos 5g. Kemudian, masukkan dalam daging ikan tumbuk, aduk hingga rata.
  5. Goreng daging ikan tongkol plus bumbu dengan minyak, aduk terus hingga kering dan warnanya menjadi kuning kecokelatan atau agak kehitaman.

Usaha adalah ketekunan, dan ditunjang dengan seperangkat alat dan mesin pembuat abon ikan tongkol akan sangat membantu membesarkan usaha anda, tentunya jika usaha anda sudah mulai berkembang.

 


Share :